Mahasiswa Wajib Tahu | Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word – Cocok Buat Skripsi Thesis dan Disertasi bagi Mahasiswa
Pengertian Microsoft Word adalah sebuah
program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, Microsoft
Word berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat,
mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word
processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks
misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.
Tanpa menfaatkan menu cara membuat daftar isi
otomatis di MS Word, kamu pasti direotkan dalam membuat dokumen karya ilmiyah
mu, serperti tugas skripsi, tugas akhir, thesis, laporan kerja dan tugas
ilmiyah yang lain.
Salah satu pekerjaan yang sangat menyita waktu kamu
adalah pembuatan daftar isi. Kalau daftar isi dibuat dengan cara manual pasti
sangat melelahkan. terutama kalau banyak revisi dari dosen pembimbing.
Cobalah dengan memanfaatkan menu membuat daftar isi
otomatis di MS Word ini. kamu sudah tidak perlu lagi membuat daftar isi dengan
cara diketik manual, cukup hanya dengan beberapa kali klik saja. Kamu tidak
perlu lagi harus mencocokkan nomor halaman per BAB dengan yang ada di daftar
isi lagi.
Begitu ada pengeditan yang perlu penambahan atau
pengurangan jumlah halaman, secara otomatis daftar isi dapat menyesuaikan
sendiri.
cara nya pun cukup mudah, tidak perlu pengetahuan
khusus dalam mengoperasikan komputer.
Persyaratan
dalam membuat daftar isi otomatis
Sebelum menggunakan menu daftar isi otomatis di MS
Word, pastikan terlebih dahulu dokumen kamu sudah menerapkan Style Heading.
Tanpa menerapkan style heading yang tepat, kamu tidak akan dapat membuat daftar
isi secara otomatis
Style
Heading
Style heading gunanya adalah untuk memposisikan
judul atau sub judul sesuai dengan tingkatannya. Biasanya sebuah dokumen itu
terdiri dari judul utama, judul BAB, sub judul, sub sub judul, dan seterusnya.
Secara umum, style
heading memiliki struktur sebagai berikut:
§ Judul dokumen [Heading 1 / Bebas]
§ Kata Pengantar [Heading 1 / Bebas]
§ Abstrak [Heading 1 / Bebas]
§ Daftar Isi [Heading 1 / Bebas]
§ BAB 1 [Heading 1]
§ Sub BAB 1.1 [Heading 2]
§ Sub BAB 1.2 [Heading 2]
§ Sub BAB 1.3 [Heading 2]
§ BAB 2 [Heading 1]
§ Sub BAB 2.1 [Heading 2]
§ Sub sub BAB 2.1.1 [Heading 3]
§ Sub sub BAB 2.1.2 [Heading 3]
§ Sub sub sub BAB
2.1.2.1 [Heading 4]
§ Sub sub sub BAB
2.1.2.2 [Heading 4]
§ Sub sub BAB 2.1.3 [Heading 3]
§ Sub BAB 2.2 [Heading 2]
§ Sub sub BAB 2.2.1 [Heading 3]
§ Sub sub BAB 2.2.2 [Heading 3]
§ Sub BAB 2.3 [Heading 2]
§ BAB 3 [Heading 1]
§ Sub BAB 3.1 [Heading 2]
§ Sub BAB 3.2 [Heading 2]
§ Sub BAB 3.3 [Heading 2]
§ Dst…
§ Daftar Pustaka [Heading 1 / Bebas]
§ Lampiran-Lampiran [Heading 1 / Bebas]
Cara
Membuat Style Heading
Untuk membuat style heading, kamu dapat membuatnya
setelah semua dokumen diketik atau bisa juga kamu buat sambil mengetik dokumen.
Langkah-langkah membuat style heading pada sebuah
dokumen adalah:
1. blok
Judul BAB atau Sub BAB
2. Klik
Menu HOME yang ada di bagian kiri layar MS Word
3. Selanjutnya
pilih STYLE HEADING yang ada di bagian kanan layar komputer tersedia banyak
sekali jenis style heading. Mulai dari Normal, Title, Heading 1, Heading 2,
Heading 3, dan seterusnya. Kalian dapat menentukan berdasarkan struktur membuat
style heading seperti di atas.
4. Setelah
menentukan style heading pada judul dokumen dan semua BAB dan Sub BAB hingga
pada daftar pustaka, kamu sudah siap untuk membuat daftar pustaka secara
otomatis.
Cara
Membuat Daftar Isi Otomatis
Pastikan sebelum kamu membuat daftar isi otomatis di MS
Word, dokumen kamu sudah menerapkan style heading dengan benar.
Langkah-langkah
membuat daftar isi otomatis di MS Word adalah:
1.
Klik REFERENCES yang
ada di bagian atas Menu Bar MS Word kalian
2.
Pilih TABLE OF
CONTENTS
Kamu dapat memilih format daftar isi yang sesuai.
Tersedia banyak pilihan dengan berbagai style.
3.
Secara otomatis
daftar pustaka kalian sudah terpampang tanpa harus mengetiknya.
Cara Update Data
Pada umumnya membuat
dokumen skripsi, tugas akhir, thesis dan disertasi tidak bisa sekali jadi.
Bahkan ada juga yang mengkonsultasikan skripsinya ke dosen pembimbing per BAB.
Selain itu perlu juga bolak-balik untuk revisi dengan dosen.
Apabila ada perubahan
sehingga menyebabkan jumlah halaman dokumen skripsi kamu harus bertambah atau
malah berkurang, tentunya nomor halaman yang ada di daftar isi harus bisa
mengikuti.
Jadi Itulah cara membuat daftar pustaka isi
secara otomatis di MS Word yang dapat kamu lakukan. Semoga pembuatan dokumen
skripsi, tugas akhir, thesis dan desertasi kamu bisa cepet kelar ya. Selamat
mencoba
Comments
Post a Comment