Pengertian
Blender 3D
Blender adalah rangkaian kreasi 3D yang gratis dan
open source. Blender mendukung konsep 3D secara keseluruhan—modeling, rigging,
animasi, simulasi, rendering, compositing, dan motion tracking, bahkan video
editing dan pembuatan game. Pengguna yang telah mahir menggunakan API milik
Blender yang ditujukan pada scripting python untuk menyesuaikan aplikasi ini
dan menulis tools yang telah dikhususkan; biasanya semua ini dimuat pada fitur
Blender versi selanjutnya. Blender sangat cocok bagi studio kecil dan perorangan
yang mendapatkan untung dari konsep pemersatuannya dan proses pengembangan yang
responsif. Contoh dari banyak proyek yang berbasis Blender bisa dilihat di
bawah (tentang fitur Blender 3D).
Blender berjalan sama baiknya di platform komputer seperti Linux, Windows, dan
Macintosh. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang
konsisten. Untuk mengkonfirmasi kesesuaiannya secara spesifik, daftar platforms
yang mendukung memperlihatkan semuanya diuji secara berkala oleh tim
pengembang.
Sebagai komunitas berbasis masyarakat dibawah
naungan GNU General Public License (GPL), publik diberdayakan untuk membuat
perubahan kecil dan besar untuk basis dari kode yang yang ada, yang membawa
fitur baru, perbaikan bug yang responsif, dan penggunaan yang lebih baik.
Blender tidak memiliki label harga, tetapi kamu bisa menginvestasikan,
berpartisipasi, dan membantu untuk memutakhirkan alat kolaborasi yang kuat:
Blender adalah software 3D milikmu.
Tutorial
Membuat Pondasi Rumah
1. Jadikan
dulu objek desain sebagai background sehingga mempermudah dalam proses
pengerjaan
Klik N, kemudian centang Background
images
2. Jika
sudah memasukan gambar objek desain, tampilan nya akan seperti ini
3.
Buat objek dinding dengan cara memakai
objek cube, kemudian ikuti garis yang ada pada gambar background
4. Buat
kembali objek cube, dimana nanti cube ini akan sebagai dasar dari dinding
5.
Setelah dibuat dinding dan dasar
pondasi, maka hasil nya akan seperti
Tutorial
membuat Tempat Tidur
Selanjutnya, Extrude bagian yg ingin kita extrude
dengan menekan E di keyboard.
posisi depan
Kemudian
buat tempat tidur yang kedua denan cara kita copy tempat tidur yang pertama
lalu kita extrude dan bentuk menjadi ada tempat 2 kasur
Bikin
tangga untuk ditaruh di samping tempat tidur
Dan hasil akhirnya
Hasil Dari kasur 2 Lantai
Tutorial
membuat Bantal
Pertama masukan objek cube/ kubus
- Lalu masuk ke add modifer, subdivision surface
- Setelah itu, pilih menu paling ujung, physics. Pilih clocth
- Ubah pengaturan nya:
- Present: Silk
- Grafity: 0
- Clocth Cache: End 100
- Setelah itu teka shift+A, pilih force filed, Force
.
- Kembali ke menu physics, ubah strength menjadi 100.000
- Pilih kembali ke cubenya. Ubah clocth cache nya. Piih dan tekan bake.tunggu sampai selesai, pilih bagian mana yg paling bagus, lalu tekan apply.
- Dan hasil akhirnya.
Tutorial
Membuat Kursi dan Meja
Untuk membuat Kursi pertama masukan
objek cube / kubus
Kemudian subdivide objek tersebut
Setelah itu di extrude atas dan
bawah sehingga menjadi seperti
Dan hasilnya
Untuk membuat Meja pertama masukan
objek cube / kubus
Kemudian subdivide objek tersebut
Extrude objek bawah tersebut dan
bentuk sedemikian rupa seperti Meja
Tutorial
membuat lemari dan kulkas untuk dapur
Untuk membuat lemari gantung
pertama masukan objek cube / kubus
Kemudian subdivide objek tersebut
Subdivide objek cube tersebut
Buat lemari yang sedikit lebih kecil untuk nanti nya akan di gabungkan
Copy dan beri warna pada lemari pertama, kedua dan susun sehingga menjadi
seperti ini
Untuk membuat kulkas pertama
masukan objek cube / kubus
Kemudian subdivide objek tersebut
Subdive cube tersebut dan bentuk hingga menyerupai kulkas
Tutorial Membuat Pintu dan Jendela
Untuk membuat Pintu pertama masukan
objek cube / kubus
Kemudian subdivide dan loop cut and
slide objek tersebut sehingga menjadi
Tutorial Membuat Hiasan Meja
Untuk membuat Meja pertama masukan
objek cube / kubus
Kemudian masukan lagi cube yang
kedua dimana guna nya nanti dibuat untuk difference atau di potong
Jika ingin melakukan perpotongan objek kita bisa melakukan nya dengan
mengunakna Boolean – Differance, maka hasilnya akan seperti ini
Untuk membuat objek dasar dari meja itu sendiri kita bisa perpadukan
antara objek cube dengan tabung
Bikin lagi sebuah cube memanjang dimana nanti cube ini akan kita bikin
sebagai hiasan yang ada pada meja, kemudian kita manfaatkan lagi Boolea –
Difference
Untuk memotong bagian yang akan kita potong
Satukan semua objek yang telah kita bikin yang mana akan menjadi seprti
dibawah
Tutorial Membuat Bak Mandi
Untuk membuat Bak Mandi pertama
masukan objek cube dan cylinder
dimana guna nya nanti objek
cylinder akan intersect oleh objek cube
Maka akan membentuk hasil seperti
Setelah itu copy objek tersebut kemudian difference kembali untuk membuat
bolongan tengah
Tutorial membuat lemari ruang tamu
Untuk membuat Lemari pertama
masukan objek cube / kubus
Kemudian masukan lagi cube yang
kedua dimana guna nya nanti untuk menjadi penutup atas lemari
Jika ingin melakukan perpotongan objek kita bisa melakukan nya dengan
mengunakna Boolean-Differance, maka hasilnya akan seperti ini
Beri warna, maka hasilnya akan seperti di bawah
Hasil finishing rumah setelah diberi
funiture
Comments
Post a Comment